Jumat, 09 Januari 2015

Artikel Hikmah Hasanah 2E 113050053



WASPADA INTERNET DAN GADGET PADA ANAK
Di zaman yang serba canggih seperti ini, sudah tidak asing lagi dengan kata “internet” bahkan semua kalangan bisa menikmati internet dengan mudah. Terlebih lagi berbagai media berfasilitas internet yang banyak ditawarkan sekarang ini dari computer jinjing dan berbagai jenis handphone yang telah mengalami perubahan dan perkembangan.
Sekarang sudah terdapat smartphone dan gadget dengan berbagai merk yang menjadi salah satu akses peengguna internet dari orang dewasa sampai anak-anak, bahkan mereka memiliknya secara pribadi.
           
            Dahulu orang menggunakan handphone hanya sebagai alat komunikasi biasa. pada saat ini gadget yang mempunyai fungsi yang sama bukan hanya sebagai alat komunikasi melainkan juga sebagai alat untuk mengunduh, mengakses situs-situs yang terdapat pada internet.
Sekarang ini banyak kita jumpai orang menggunakan gadget dari berbagai usia, dari orang tua sampai anak-anak yang baru berusia 1-5 tahun usia dini atau disebut juga dengan masa the golden age. Pada masa tersebut anak mengalami perkembangan yang luar biasa pada kecerdasan intelektual dan emosinya. Karena pada masa tersebut anak menjadi peniru yang handal. Jadi apa yang ia tiru akan mempengaruhi dan menentukkan perkemangan anak selanjutnya.
Jika pada masa the golden age anak sudah diberikan gadget sebagai mainannya, hal ini tentu akan berpengaruh terhadap perkembangan emosi anak. Mereka akan menjadi pribadi yang sulit diatur, tidak sabaran, mudah marah dan bahkan mungkin akan sulit untuk mengendaliakn emosinya.

Tempat penyedia layanan internet atau warnet, kini sudah disalah gunakan sebagai tempat yang tidak seharusnya. Tidak sedikit remaja bahkan anak-anak saat ini yang membolos sekolah hanya untuk bermain games online dan terhubung dengan situs jejaring sosial, atau mungkin bisa sampai mengakses hal-hal negative yang ia jumpai di internet.
Penjaga warnet harus mampu memberikan teguran kepada anak yang membolos saat jam pelajaran agar anak tidak mengulangi perbuatannya.

Anak jika sudah terfokus pada satu media yang ia senangi maka ia akan terus memfokuskan dirinya sampai merasa puas dan lelah. Banyak sekali anak-anak yang menghabiskan waktu terlalu lama di layar computer atau gadget mereka hanya untuk bermain games atau terhubung kesitus jejaring sosial. Hal ini tentu akan menimbulkan gaangguan pada kesehatan matanya secara bertahap. Jika sudah parah barulah ia akan menyadarinya.
Padahal mata diciptakan untuk melihat sesuatu yang berguna ketimbang untuk melihat yang  tidak pelu.
Seharusnya orang tua mampu memilah dan memilih media mana yang harus diberikan pada anak usia tertentu. Anak jika sudah terbiasa memegang dan menggunakan gadget terkadang lebih memilih menghabiskan waktunya dengan gadget pribdainya ketimbang dengan orang disekitarnya.
Hal ini juga dapat menimbulkan hubungan anak dengan orang tuanya menjadi jauh,  saling canggung saat bertatap muka atau mengobrol. Anak lebih sering menceritakan apa yang ia alami di situs dunia maya. Ini tentu akan berdampak buruk pada psikologi perkembangan anak. Masa depan anak juga ikut terancam rusak, kemungkinan karena pengaruh internet ini anak akan berlaku kasar terhadap orang lain, kemudian jika sudah semakin parah munculah berbagai masalah yang disebabkan oleh tidak adanya pendekatan dari orang tua seperti memecahkan masalah dengan berkelahi, berbohong untuk kepentingannya sendiri, atau mungkin sampai mencuri dan terlibat pada kasus yang lebih besar lagi.
Ini harus diperhatikan kembali oleh orang tua agar anak tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang baik dan bermanfaat bagi sesama. Dalam hal ini orang tua  juga harus mampu berperan ganda, dalam artian selain sebagai orang tua, mereka juga harus mampu menjadi teman, pendengar yang baik, dan mentor untuk anak. Selain itu gadget harusnya diberikan saat anak mampu membedakan mana yang baik dan buruk untuk hidupnya.
                          


Tidak ada komentar:

Posting Komentar