Kamis, 08 Januari 2015

Artikel

MANFAAT DIBALIK BUAH COKELAT

Hai sobat, apa sih yang ada dibenak kalian ketika mendengar kata cokelat? Dan siapa yang tidak kenal dengan produk makanan atau minuman yang berbahan dasar dari cokelat?
Cokelat adalah suatu sistem pangandengan fase diskontinyu berupa lemak kakao tetapi kadang-kadang bisa juga dicampur dengan jenis-jenis lemak lain serta fasediskontinyu berupa padatan yang terdiri dari gula, kakao dan susu. Selain itu, cokelat merupakan kategori makanan yang mudah dicerna oleh tubuh dan mengandung banyak vitamin seperti vitamin A1, B1, B2, C, D, dan E serta beberapa mineral seperti fosfor, magnesium, zat besi, zinc, dan juga tembaga. Cokelat juga terkenal mengandung antioksidan dan flavonoid yang sangat berguna untuk mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh yang bisa menyebabkan kanker.
Cokelat juga mengandung lemak yang memiliki fungsi yang sama dengan minyak zaitun dan mengandung mineral esensial untuk memperkuat tulang, kuku, rambut, dan juga kulit. Hal tersebut sangat membantu untuk mencegah proses penuaan. Meskipun dianggap sebagai makanan yang mampu menambah berat badan, cokelat juga dianggap sebagai salah satu makanan yang mampu mengusir rasa stress karena ada beberapa kandungan cokelat seperti kafein, theobromine, methyl-xanthine, dan phenylethylalanine dipercaya dapat memperbaiki mood dan mengurangi kelelahan sehingga bisa digunakan sebagai obat anti-depresi.
Tidak dapat dipungiri jika cokelat ini merupakan makanan atau minuman yang menjadi primadona semua golongan usia. Baik itu anak-anak maupun orang dewasa menjadikan makanan atau minuman ini sebagai favorit mereka. Tidak hanya merupakan makanan favorit, tetapi cokelat juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan diantaranya sebagai berikut
Manfaat Cokelat untuk Kolesterol Tinggi
Ketika mengonsumsi cokelat, Anda juga mengonsumsi flavonoid yang memiliki kemampuan antioksidan yang dikenal bermanfaat menurunkan jenis kolesterol buruk, LDL. LDL merusak arteri dan dapat meningkatkan peluang kita terkena penyakit jantung atau serangan jantung.


Manfaat Cokelat untuk Tekanan Darah Tinggi
Cokelat dan kakao mengandung flavanols, yang memiliki kualitas baik. Salah satu manfaat vaskular dari flavanols adalah menurunkan tekanan darah.

Manfaat Cokelat untuk Diabetes
Makan cokelat hitam dalam jumlah sedang telah diketahui dapat meningkatkan pengolahan gula darah, yang dapat mengurangi resiko diabetes.

Manfaat Cokelat untuk Batuk
Para ahli telah menemukan bahwa theobromine, senyawa yang ditemukan pada kakao, dapat mengurangi batuk dengan memengaruhi ujung saraf sensorik dari saraf vagus yang berjalan melalui saluran udara di paru-paru.

Manfaat Cokelat untuk Penyakit Hati
Penderita penyakit hati mendapat keuntungan dari cokelat karena senyawanya yang kaya antioksidan telah diketahui dapat mengurangi tekanan darah tinggi dalam hati dan mengurangi kerusakan pada pembuluh darah hati.

Manfaat Cokelat untuk Penggumpalan Darah
Mereka yang makan cokelat diketahui lebih lambat dalam pengggumpalan darah ketika dilakukan transfusi. Hal ini membantu mencegah penggumpalan darah yang dapat menyebabkan serangan jantung.

Manfaat Cokelat untuk Kanker
Meskipun cokelat tidak dapat menyembuhkan kanker, tetapi memiliki manfaat pencegahan seperti mengurangi kerusakan sel yang dapat menyebabkan pertumbuhan tumor.

Manfaat Cokelat untuk Stroke
Senyawa yang mengandung flavanol yang ditemukan dalam cokelat, yang disebut epicatechin, telah ditemukan untuk menjaga terhadap kerusakan stroke.

Manfaat Cokelat untuk Sindrom Kelelahan Kronis
Daripada minum soda atau kopi ketika Anda merasa lelah, makanlah cokelat persegi untuk meningkatkan tingkat energi Anda. Dalam dosis kecil, kafein dalam cokelat akan memberikan manfaat untuk mencegah kelelahan kronis.
Lantas jenis cokelat manakah yang baik dan tentunya lebih sehat untuk dikonsumsi?
Gampang saja, pilihlah coklat yang paling banyak mengandung minyak kokoa (cocoa butter) dan atau kokoa padat (cocoa solid) yang merupakan komponen non-lemak pada biji coklat yang digiling.
Bagaimana cara mengetahuinya?
Yang perlu Anda ketahui adalah jenis coklatnya.
Cokelat hitam murni mengandung setidaknya 70% kokoa (padat dan minyak)
Cokelat susu biasanya mengandung sekitar 50% kokoa
Sementara cokelat putih berkualitas bagus hanya mengandung sekitar 33% kokoa
Bahkan cokelat yang diproduksi untuk konsumsi umum ada yang hanya mengandung sekitar 7% kokoa saja atau bahkan memakai minyak sebagai pengganti kokoa. Sampai-sampai jenis “cokelat” yang terakhir ini tidak boleh disebut sebagai coklat karena kandungan kokoa yang sangat minim atau bahkan tidak ada sama sekali. Itulah mengapa coklat hitam murni berkualitas bagus lebih baik dan sehat untuk dikonsumsi dibandingkan jenis coklat yang lain.
Mungkin itulah beberapa manfaat buah coklat untuk kesehatan tubuh yang berguna untuk mengobati beberapa penyakit seperti diatas. Selamat mencoban dan semoga bermanfaat.
Duriyatul Rizki Mahmudah
Diksatrasia Unswagati Cirebon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar