Kamis, 01 Januari 2015

Resensi Imas Sri Rahmawati



Pengorbanan Seorang Anak

Judul novel      : Everything For Mama
Pengarang       : MQ Maria
Penerbit           : PT Elex Media Komputindo Kompas
Tebal buku      :216 hal.

MQ Maria adalah nama penulis dari novel ini yang lahir dan besar di Martapura, serta ia juga mengagumi karya-karya dari Mira W. Selain itu, dia penikmat film-film India dan film arahan dari sutradara favoritnya, yaitu Hanung Bramatyo. Ia selalu selalu tertarik untuk mengenal kepribadian seseorang yang ditemuinya dan juga selalu ingin belajar pada hal-hal baik disekelilignya. Pada novelnya kali ini dia mengangkat cerita tentang perjalanan seorang gadis yang mencari masa lalunya dan sebuah nama yang kemudian menjadi obsesi terbesar dalam hidupnya saat itu.
Seorang gadis bernama Alia yang dibesarkan tanpa kasih sayang dari kedua orang tua kandungnya bahkan selama 16 tahun ia sama sekali tidak mengetahui bagaimana sosok orang tuanya. Ia hanya tinggal bersama dengan nenek Nur dan anaknya Desy, meskipun ia bukan nenek kandungnya tetapi Alia sudah menganggapnya sebagai nenek kandungnya sendiri. Ketika usia Alia menginjak 17 tahun barulah sang nenek membuka rahasia yang selama ini dia pendam mengenai asal usul Alia. Setelah Alia mengetahui semua kebenaran akan masa lalunya yang membuat hatinya bagai teriris pedang dan dicambuk petir manakala ia sengaja dipisahkan oleh nenek kandungnya sendiri karena kehadirannya tak diharapkan di keluarga tersebut. Keesokan harinya tepat saat libur panjang sekolah tiba, ia pun memutuskan untuk pergi mencari keberadaan sang mama yang berada di Bogor.
Donna Setiawan adalah sebuah nama seorang wanita yang menjadi obsesinya saat ini karena dia sosok yang akan ia panggil dengan sebutan “mama”.  Tak mudah baginya untuk dapat bertemu dengan sang mama dan mengatakan bahwa dia adalah anaknya. Begitu banyak masalah yang tidak ia ketahui tentang mamanya sehingga ia pun harus menyamar sebagai pembantu di rumah mamanya sendiri.
Setelah cukup lama ia berada di rumah itu dengan segala pengorbanan dan kesabaran yang luar biasa barulah ia mengetahui apa yang terjadi pada mamanya dan identitasnya terbongkar. Akhirnya Alia mendapatkan pengakuan dari mamanya dan mempublikasikannya. Namun, barulah sekejap kebahagiaan yang  dirasakan ia harus bisa menerima bahwa ternyata mamanya dipanggil oleh sang Pencipta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar