Selasa, 06 Januari 2015



Nama:Fitri Nurhayu
NPM:113050171
   Feacture

“UBER JAKE TREN MASA KINI”

Uber  jake, nama yang unik singkatan dari Usaha berkah jahit keliling menjadi trend usaha kecil mandiri yang memunculan disekitar kita dengan berbagai macan bentuk dari menggunakan sepeda ontel derngan mesin jahit tua yang diputar menggunakan tangan untuk mengoperasikannya, ada juga seperti beca dengan posisi mesin jahit didepan.atau dengan bentuk dan rupa lainnya tak lain bertujuan untuk mempermudah untuk si pelaku usaha jahit keliling ini menjakau jarah tempuh dari jalan-jalan perkotaan sampai ke gang-gang yang kecil perkampungan dengan tujuan si penguna usaha dibidang jasa ini dari rumah kerumah.
Dan itu artinya kini kita seperti dimanjakan dengan salah satu usaha jasa jahit keliling atau yang sering disebut vermak jeans. Kenapa berkesan pengguna jasa ini seperti dimanjakan, karena pengguna jasa tidak perlu bepergian menuju tempat usaha atau sering kita jumpai dikios-kios pinggir jalan. Serta keuntungan penguna jasa ini bisa melihat langsung proses pengerjaannya sesuai apa yang kita butuhkan langsung ditempat. Lalu bagaimana jika penguna jasa ini jarang terlihat keliling, sekali menggunakan jasa ini jangan sampai lupa untuk meminta nomor telphone supaya mempermudah memangil agar saampai ketujuan si penguna jasa ini. Bila perlu sertakan alamat yang jelas agar tentunya tidak nyasar menuju tempat saat kita perlukan.
Usaha Jahit keliling atau sering kita menyebutnya dengan julukan tukang vermak jeans ini yang bukan karena kalah persaingan antara para penjahit rumahan dengan perusahaan-perusahaan super besar yang memproduksi barang yang berhubungan dengan menggunakan mesin jahit atau bidang jahit menjahit. Uber jake inilah terobosan usaha inovasi dibidang jasa. Uber jake nama yang dipilih salah seorang pria asli kerahiran kota cirebon wilayah timur 8 km perbatasan antara propinsi jawa barat dan jawa tengah ini sebagai usahanya. Peluang tetaplah sebuah peluang, tidak akan menjadi apa-apa ketika kita tidak mampu membaca sekecil apapun celah-celah kesempatan yang bisa bermanfaat. Peluang kata yang sederhara yang berkesan biasa menjadi luar biasa.
Seorang pemikir pria dengan nama asli Muri kelahiran tahun 1982 salah satu penjahit keliling dengan menggunakan sepeda motor modifikasi serupa dengan cator atau beca motor sedemikian rupa uniknya. Jika itu dianggap berlebihan, semoga ini keputusan yang tidak berlebihan untuk memilih dibidang usaha dibidang jasa ini. Muri pria yang pernah melewati kelam pahit dan getirnya masa lalu mampu bangkit dengan perkataannya yang sangat sederhana kepribadiannya. “ Siapapun boleh menghitamkan masa lalu saya, sebab hanya saya yang berhak mewarnai masa depan saya”.

            Pria tamatan smp ini tak merasa malu sedikitpun dengan kelulusan atau tamatan pendidikannya, yah meskipun dulu ia pernah mencoba menempuh pendidkan paket C namun urung.  Ini juga alasan baginya dimana harus menempatkan gensinya sesuai pada tempatnya. Karena menurut nya kelulusan atau tamatan pendidikan nya yang hanya sekolah menengah pertama sudah tidak laku dimana-mana. Pria ini dulu pernah bekerja sebagai kuli panggul (pocok), kerja bangunan. dekolasi taman, setting panggung, sales, rawat tanaman,photo kafer pengantin, foto copy, dan menjadi OB  kantor disalah satu cv dan lembaga yang bergerak dibidang jaringan sosial, pertanian, perternakan, kesehatan, pernah juga bekerja sebagai penyiar radio disalah satu stasiaun radio swasta, guru private komputer dan sampai pada akhirnya memutuskan untuk memilih usaha ini karena baginya usaha ini sangat nyaman dilakukan sebagia kegiatan yang menghasilkan sebagai profesinya karena menurut paparannya profesi ini ia lebih senang menyebutkannya dengan berkegiatan yang mengasyikan dibandingkan dengan status pekerja setelah iya sebutkan sederatan pekerjaan yang sebelumnya meski masih banyak yang belum di masukan.
Ini lah kisi-kisi biografi dari pria asli suku sunda yang sangat sederhana karena menurutnya pekerjaan atau profesi selagi itu bisa menghasilkan tentu nya dengan prinsip yang halal harus dilakukan karena itu salah satu batu loncatan jalan menuju kesuksesan.
Apa yang ada dalam pikiran anda ketika melihat tren jins denin? Mungkin yang ada dalam benak anda sebagian besar anak muda hanya lah bagaimana caranya agar dapat membeli dan mengoleksi jeans bermerek terkenal itu. Namun, tidak bagi muri saa itu ia melihat sebagai peluang bisnis sedikit membahas tentang tren jeans atau jeans. Mengenai perkembangannya sampai saat ini masih merasakan trens busana dari bahan jeans dari celana, baju, pakian dan aksesoris lainnya. Merupakan salah satu peluang yang menghasilkan.
Awalnya tidak mudah bagi muri untuk mengumpulkan modal. Sebab, ia bukan dari keluarga menengah melihat peluang didepan mata ia lalu memberanikan diri menggunakan modal awal sebesar 1,5 juta untuk memodivikasi motor, untuk pakaian keliling serta mesin tua peninggalan kakek nya serta sedikit ilmu yang ia dapat dari kakeknya semasa masih ada karena usaha jahit ini ia seolah meneruskan usaha kakeknya yang dulu.
 Karena merasa memiliki keterbatasan pengetahuan tentang jahit menjahit ia sempet belajar disalah satu tempat khusus jahit untuk menunjang usaha ini. Akhirnya setelah 7 tahun yang lalu melewati sederetan masa yang panjang dengan gonta-ganti profesi pekerjaan yang dilaluinya. Kini diawal tahun 2013 setelah ia keluar dari salah satu pekerjaan kantornya saat nya ia mewujudkan untuk mengawali usaha jahit keliling atau permak jeans yang sudah berjalan sampai saat ini kurang lebih 1 tahun.
Dengan penghasilan per hari minimal 80ribu sampai 200 ribu per hari. Jadi sudah dibayangkan meskipun penghasilan yang tidak menentu pekerjaan yang ia sebut sebagai kegiatan ini memang benar-benar menghasilkan pundi-pundi rupiah yang bisa dipekirakan 3ribu sampai 3,5juta perbulan tentunya ini yang membuat ia berani memutuskan menguluti profesi ini karena penghasilannya tidak kalah dengan orang-orang di kantoran.
Ditambah pekerjaan lemburan dari para pelanggan yang sudah pekerjaan nya dipercayakan dibawah kerumah sebagai kerja lemburan dan dengan proses dilakukannya malam hari,ada juga alasan lain karena dibutuhkan pendukung mesin lainnya seperti mesin obras yang ada dirumah karena mesin tersebut tidak dibawa saat ia berkeliling agar hasilnya lebih maksimal atau bagus dan memuaskan, mengenai pekerjaan apa saja yang bisa dilakukan dalam pekerjaan permak jeans yaitu pemotongan celana yang terlalu panjang , pengecilan ukuran pinggang,perubahan fitting, permak baju, ganti seleting, seleting jaket, tas, ganti kanci celana dan lain-lain. Mengenai tarif atau upah dari hasil pekerjaannya dari 5ribu sampai 35 ribu tergantung pekerjaannya. Ia selalu menjaga kualitas pekerjanya meski pun banyak orang memandang para penjahit keliling seperti tidak profesional.
Adapun suka duka serta kendalanya para penjahit keliling sering dihadapkan pada cuaca yang tidak menentu serta konsumen yang tidak mengerti tentang pekerjaan penjahit lain (tailor) jadi terkesan dalam urusan menjahit ia sering mendapati konsumen yang seolah tidak menghargai skill nya.
Menekunin usaha jeans memang memiliki rentang batas yang tidak sebentar. Menurutnya, selama denim masih kebutuhan fasion setiap orang, usaha nya itu akan terus ia jalani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar