Senin, 05 Januari 2015

Artikel Praktis kelompok 2



RAMBUT SEHAT TANPA KETOMBE
            Rambut merupakan mahkota yang dimiliki oleh manusia. Banyak orang mengidamkan rambut yang indah, lebat, sehat, dan todak berketombe. Tidak sedikit orang yang melakukan berbagai cara untuk merawat rambut dan kulit kepala mereka, namun seringkali perawatan yang mereka lakukan tidak menjamin rasa gatal yang mereka alami itu hilang. Rasa gatal yang kerap kali muncul di kulit kepala membuat sebagian orang merasa terganggu dan memengaruhi penampilan mereka.
            Dengan adanya masalah gatal-gatal di kulit kepala, hal tersebut menandakan bahwa kulit kepala tidak sehat. Oleh karena itu, segeralah untuk mengatasi masalah tersebut agar kondisi kulit kepala dan rambut tidak bertambah parah.
            Biasanya faktor umum penyebab gatal pada kulit kepala adalah ketombe. Ketombe yang ada pada kulit kepala  menandakan bahwa aktivitas pertumbuhan jamur di kulit kepala sangat tinggi. Apalagi jika anda beraktivitas pada siang hari di ruangan yang berdebu. Paparan sinar matahari yang bercampur debu menyebabkan kulit kepala menjadi kotor dan rambut lebih mudah kusut. Pada keadaan tersebut juga rambut akan lebih banyak menghasilkan minyak.
            Ada pun upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut diantaranya yaitu dengan cara :
            Pertama, rutinlahuntuk mencucidan membersihkan rambut anda. Upayakan dalam membersihkan rambut shampoo tidak langsung menempel pada kulit kepala agar rambut tidak mudah berketombe dan rontok. Untuk hasil yang lebih maksiaml, bilas rambut sampai bersih dan tidak meninggalkan busa pada kulit kepala.
            Kedua, setelah keramas tuangkan 25 mili liter cuka apel ke dalam kurang lebih satu ember air hangat. Air campuran cuka apel tadi gunakan untuk membilas rambut. Diamkan kurang lebih selama 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Langkah ini bertujuan untuk membantu rambut menjadi lebih bersih, tidak terasa gatal dan menghilangkan ketombe.
Ketiga, setelah keramas usahakan jangan langsung menyiram rambut. Keringkan rambut terlebih dahulu dengan handuk. Hindari pemakaian hairdryer karena suhu panas yang ke luar justru membuat rambut menjadi rontok, kering, dan mudah patah. Kemudian gunakan sisir yang bergigi jarang dan keringkan dengan kipas angin.
            Andaikan rambut masih berketombe, ulangi langkah pertama dan kedua. Jangan terlalu lama mendiamkan shampoo dan comditioner pada rambut anda karena hal tersebut akan menyebabkan rambut lebih rentan berketombe. Gunakan shampoo yang sesuai dengan jenis kulit kepala dan masalah rambut anda, serta hindari pemakaian produk yang berubah-ubah. 


Nama kelompok:
1.      Agan Restu
2.      Duriyatul Rizki M
3.      Fitri Nurhayu
4.      Hikmah Hasanah
5.      Ihrom maulana
6.      Imas Sri Rahmawati
7.      Nurlaela
8.      Siska Handayani
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar