Kamis, 08 Januari 2015

ARTIKEL PRAKTIS SISKA HANDAYANI 2E



SEPULUH TIPS CEGAH PENYAKIT MUSIM PENGHUJAN
Hujan yang sudah mulai mengguyur Cirebon belakangan ini menandakan bahwa musim penghujan telah tiba. Seiring dengan datangnya hujan, beberapa penyakit akan mulai bermunculan. Penyakit yang biasanya muncul ketika musim penghujan datang diantaranya diare, demam berdarah dengue (DBD), leptospirosis, infeksi saluran pernapasanan akut (ISPA), penyakit kulit, dan penyakit lainnya.
Demam berdarah dengue atau DBD adalah penyakit yang bergantung pada kondisi lingkungan. Penyakit ini ditularkan oleh  nyamuk aedes aegypti betina yang telah terinfeksi virus dengue. Nyamuk ini gemar bersarang dan berkembang biak di lingkungan yang kotor. Oleh karena itu, menjaga kebersihan dan mencegah nyamuk berkembang biak adalah cara yang tepat untuk mencegah penyakit  tersebut menginfeksi keluarga anda. Berikut sepuluh cara pencegahan agar nyamuk aedes aegypti tidak bersarang dengan nyaman di tempat tinggal anda.
Pertama, tidak membiarkan berbagai macam wadah seperti ember dan pot tergenang air. Wadah yang tergenang air adalah tempat paling nyaman untuk nyamuk aedes aegypti berkembang biak. Mengganti air bak mandi secara berkala dan usahakan untuk menutup wadah penampungan air.
Kedua, membalikkan posisi wadah-wadah kosong agar tidak digenangi air.
Ketiga, menggunakan obat nyamuk baik oles maupun bakar pada siang dan malam hari.
Keempat, mengusahakan agar jendela dan lubang ventilasi udara selalu dalam keadaan tertutup serta dilapisi oleh penyaring agar nyamuk tidak berkesempatan untuk masuk ke rumah anda.
Kelima, mengupayakan penggunaan jarring anti nyamuk (kelambu) di tempat tidur.
Keenam, menutup tempat sampah ketika tidak sedang digunakan karena tempat seperti ini merupakan tempat favorit nyamuk untung bersarang dengan nyaman.
Ketujuh, jika di tempat tinggal anda terdapat pendingin ruangan (AC), bersihkan dan buang air dalam nampan secara teratur.
Kedelapan, anda bisa meletakkan tanaman tulsi di dekat jendela sebagai pencegahan alami. Tanaman ini dipercaya memiliki sifat yang mampu mencegah nyamuk berkembang biak.
Kesembilan, mengubur barang-barang perabot rumah tangga yang sudah tidak layak pakai.
Dan kesepuluh, membakar kamper atau kapur barus di dalam ruangan yang tertutup kemudian diamkan selama lima belas menit. Cara ini juga dipercaya ampuh mencegah nyamuk berkembang biak.

Siska handayani- mahasiswi fkip unswagati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar